Artikel

Herbal Pelangsing: Daun Jati Belanda dan Rimpang Bangle

Daun Jati Belanda

Jati Belanda atau guazuma ulmifolia merupakan salah satu tanaman suku Sterculiaceae dan dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Tanaman Jati Belanda (Guazuma ulmifolia) dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Di masa lalu, masyarakat Jawa biasa menggunakan air rebusan daun Jati Belanda sebagai bahan herbal pelangsing.

Daun jati Belanda atau dalam sebutan dalam bahasa Jawa, jati londo, sudah umum digunakan sebagai obat pelangsing. Sebab, daun jati Belanda mengandung zat lendir dan serat yang mampu menghambat penyerapan lemak, gula dan kolesterol dalam tubuh.

Selain daun, biji jati Belanda juga dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung dan sakit perut. Sedangkan buahnya bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Tidak hanya sampai di situ kegunaan daun Jati Belanda, bahkan di daerah endemik malaria, kulit batang Jati Belanda digunakan sebagai obat malaria dan diare.

Penurun Berat Badan

Seduhan daun Jati Belanda juga mengandung asam tanat yang mirip teh hijau yang dapat menghambat penyerapan lemak di usus.

Tanin bermanfaat untuk mengendapkan protein di permukaan usus sehingga mengurangi penyerapan makanan. Musilago bermanfaat untuk menangkap air dan membentuknya menjadi gel membentuk masa feses. Kombinasi tanin dan musilago bermanfaat sebagai pelangsing badan.

Menghambat Aktivitas Enzim Lipase

Ekstrak etanol Daun Jati Belanda dapat menurunkan atau menghambat aktivitas serum lipase. Lipase merupakan enzim yang bekerja memecah lemak menjadi asam lemak sebelum diserap tubuh. Jadi daun Jati Belanda ini dapat menghambat penyerapan lemak oleh tubuh.

Rimpang Bangle

Bangle yang dikenal dengan nama latin Zingiber Cassumunar atau Zingiber Montanum merupakan tanaman rimpang. Secara umum, bagian rimpang bangle dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pembuatan jamu atau obat tradisional yang diyakini cukup berkhasiat untuk mengatasi demam, rhematik, cacingan, sakit kepala, semgelit, masuk angin, batuk berdahak, perut nyeri, sakit kuning dan lainnya.

Tanaman Bangle ini hampir mirip dengan Jahe tetapi rasanya berbeda. Tanaman Bangle terutama rimpang Bangle umumnya tidak memiliki rasa yang enak, sedikit pedas, dan sangat pahit. Rimpang bangle berukuran lebih besar dengan daging rimpang yang lebih besar dan Kulit rimpang Bangle juga lebih hitam dan sedikit berkerut.

Bagian tanaman Bangle yang banyak manfaatnya adalah bagian Rimpang yang mengandung terpinen, phenylbutanoids, sabinene, trans, butadiene, dan trans-4. Elemen terbaru yang ditemukan adalah antioksidan cassumunarin A, cassumunarin B, dan cassumunarin C.

Rebusan bangle dengan jeruk nipis dipercaya dapat menetralkan lemak dan dapat menurunkan berat badan, untuk melancarkan pencernaan,obat masuk angin dan mengatasi demam.

Salimah Slim SR12

Terbuat dari bahan herbal pilihan, mengandung daun jati belanda dan rimpang bangle yang terbukti ampuh berkhasiat sebagai pelangsing badan, penghancur lemak, melancarkan pencernaan.

balas
1
Hubungi kami
hai, ada yang bisa kami bantu?
Powered by